PENDAHULUAN

Kami memperkenalkan LAB BAHASA LUGHOWI merupakan peralatan Audio Video Interactive Network untuk menyempurnaan model/metode pengajaran dan pembelajaran, sebagai wujud dari optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi. Dengan memanfaatkan kemampuan komputer dan peripheral pendukung seperti Intercomunication peripheral, Visual peripheral, HID (Human interface Device) dalam mengolah gambar, text, data dan suara sehingga efisiensi dalam penyediaan peralatan akan lebih simple tapi berdaya guna tinggi.

Dengan LUGHOWI dapat dilakukan listening, writing dan komunikasi multi arah antara guru dan siswa layaknya laboratorium bahasa multimedia. Sharing File, Chat Audio/Video on Demand, broadcast audio dan video dapat dilakukan dengan mudah karena tiap meja siswa dilengkapi computer, koneksi jaringan LAN dan headset. Siswa dapat belajar mandiri dengan mengoperasikan computer pembelajaran pada masing-masing siswa. Semua aktifitas siswa dapat diawasi oleh guru lewat computer Tutor dan dapat mengambil alih kendali pada computer siswa.

Untuk melakukan kuis atau evaluasi dapat dilakukan dengan berbagai cara dengan memanfaatkan fitur online examination yang terdiri dari auto exam, manual exam, paper base exam dan oral test. Tiap siswa dapat mengerjakan Soalnya masing-masing. Soal dan kunci jawaban dibuat oleh tiap guru dengan Q-Designer, yaitu software portable yang dapat dipergunakan oleh guru untuk membuat database soal dengan proteksi password. Dengan Q-Designer guru dapat membuat database soal dikomputer manapun tanpa harus di komputer Master/Tutor. LUGHOWI-MULTIMEDIA dapat diterapkan untuk pembelajaran semua bidang studi termasuk pembelajaran bahasa.

Dengan menggunakan LUGHOWI akan membuat siswa menjadi akrab dengan perkembangan teknologi dan termotifasi dalam belajar di ruang kelas.

TUJUAN
Implementasi LUGHOWI-MULTIMEDIA dilakukan dengan sejumlah tujuan sebagai berikut :

  1. Proses pembelajaran dan pengajaran di kelas akan lebih interaktif dengan memanfaatkan kemampuan komputer dalam mengolah gambar dan suara.
  2. Efisiensi dalam penyediaan peralatan laboratorium multimedia dan laboratorium bahasa.
  3. Optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi sebagai salah satu alat untuk menyempurnakan model/metode pengajaran dan pembelajaran.
  4. Mempersenjatai setiap siswa untuk keberhasilan, yaitu dengan cara membuat siswa menjadi akrab dengan komputer dan perkembangan teknologi (pengenalan sejak dini terhadap teknologi informasi).
  5. Menjadi salah satu fasilitas dalam proses pengajaran dan pembelajaran di setiap kelas, sehingga terwujud kelas modern, dinamis menyesuaikan perkembangan teknologi dan selalu melangkah lebih maju !.
  6. Menjadi kebutuhan utama dalam meningkatkan mutu pendidikan saat ini.
  7. Meningkatkan status AKREDITASI dan kualitas lulusan dari lembaga pendidikan.

 

DESKRIPSI PRODUK
LUGHOWI-MULTIMEDIA adalah peralatan penunjang belajar mengajar-khususnya pelajaran bahasa- berbasis computer, yang terdiri dari :
Tutor /Master Peripheral Area

  • Komputer Tutor sebagai pengendali
  • Audio Control unit
  • Software LUGHOWI-MULTIMEDIA Tutor
  • LCD Projector
  • Sound system, Wireless Mic + Desk mic
  • Master Headset

Student Peripheral Area

  • Komputer Student
  • Software LUGHOWI-MULTIMEDIA Student
  • Keyboard, Mouse
  • Student Interface Box
  • Student Headset

Network Connecting Area

  • LAN Gigabit
  • Audio Network

FITUR LUGHOWI

Digunakan oleh Guru.

1. Interface (Antar Muka) :

  • Client List (informasi tentang siswa yg terhubung)
  • User Management (Pengaturan informasi tentang siswa/i yang terdaftar pada kelas)
  • Setting (Hardware Setting)

2. Komunikasi Data:

  • Server ke Client, One-to-One.
  • Server ke Client, One-to-All (Broadcast).
  • Server ke Client, One-to-Many (Selected).
  • File Transfer.
  • Dapat mengirim file video, gambar dan dokumen ke Client.
  • Dapat mengirim data ke beberapa atau semua Client secara simultan.
  • Pengiriman data dapat dilakukan secara tersembunyi (tanpa membutuhkan konfirmasi ke Client) atau dengan konfirmasi ke Client.
    Server dapat mengumpulkan file-file dari Client.

3. Chatting :

  • Server dapat melakukan chatting P2P (Peer to Peer) dengan Client.
  • Server dapat mengijinkan Client untuk berkomunikasi dengan Client lainnya dan semua percakapan akan diketahui oleh server yang akan menjadi pemantau (observer).
  • Server dapat menambah chat room dan menambahkan beberapa Client sesuai yang dikehendaki atau seluruh Client.
  • Konfigurasi chat room yang telah dibuat dapat disimpan untuk dapat ditampilkan dengan cepat tanpa mengulang proses pembuatan chat room dan penambahan Client pada chat room tersebut.
  • Data yang dikirim maupun diterima harus dikompresi terlebih dahulu untuk meminimalkan penggunaan bandwith.

4. Video Streaming :

  • Broadcasting dari Server ke seluruh Client.
  • Server dapat menyiarkan video ke Client tertentu atau ke seluruh Client yang online.
  • Menggunakan kompresi video untuk meminimalkan penggunaan bandwith.

5. Komunikasi suara :

  • Server broadcasting ke seluruh Client.
  • Server berkomunikasi dua arah (full duplex)dengan salah satu Client, dan Client yang lain mendengarkan.
  • Menggunakan kompresi suara.
  • Fungsi Pairing, Conference, Intercom, All Call (dengan tambahan hardware)

6. Kontrol PC Jarak Jauh (PC Remote Control dan Monitoring):

  • Aplikasi pada komputer Client dapat dijalankan oleh Server.
  • Aktivitas monitor Client dapat dilihat oleh Server.
  • Komputer Client dapat dimatikan oleh Server.
  • Keyboard dan mouse komputer Client dapat dikontrol oleh Server.

7. Assesment/Tes dan kuis :

  • Dilengkapi dengan contoh soal-soal
  • Dapat memasukkan set pertanyaan untuk tes/uji kemampuan dan kuis.
  • Pertanyaan dikelompokan berdasarkan konteks soal dan tingkat kesulitan soal.
  • Dapat membuat set pertanyaan yang merupakan gabungan beberapa pertanyaan dengan konteks dan tingkat kesulitan soal yang sama yang dapat ditampilkan secara acak.
  • Soal merupakan pilihan ganda, isian, merangkai kata, dan dapat dilengkapi dengan gambar maupun video.
  • Dapat memasukan jawaban beserta skor untuk setiap pertanyaan.
  • Untuk soal-soal pilihan ganda dan mencocokan, secara otomatis sistem dapat menghitung nilai total individual, maupun keseluruhan.
  • Dilengkapi dengan fungsi-fungsi statistik deskriptif (mean, median, modus dan standar deviasi) untuk mendapatkan gambaran kemampuan siswa/i secara komprehensif.
  • Hasil statistik disajikan dalam bentuk tabel maupun grafik.
  • Data/nilai tes dapat diekspor kedalam lembar kerja (worksheet).
  • Data/nilai tes dapat dicetak.

Digunakan oleh siswa/i.

1. Interface (Antarmuka) :

  • Dilengkapi dengan tampilan yang menarik dan mudah digunakan.
  • Tombol dan menu dikelompokkan secara sistematis, untuk memudahkan pengguna.
  • Tombol dan menu dapat diakses dengan menggunakan shortcut.

2. Virtual Recorder :

  • Repeate function untuk mengulang media file
  • Bookmark untuk akses cepat
  • Drill Play
  • Drill Record
  • Pattern Play Comparing

3. Komunikasi Data :

  • Komunikasi data Client ke Server, One-to-One (full duplex).
  • Upload file ke Server.
  • Dapat mengirim file video, gambar, dan dokumen ke server.
  • Dapat menampilkan Konfirmasi Pengiriman data server.
  • Fitur Chatting (Client ke Server, Client-to-Client apabila diperbolehkan oleh Server, dengan kondisi Server sebagai Observer/pemantau).

4. Komunikasi Suara:

  • Client Berkomunikasi dua arah (full duplex) dengan Server.
  • Client dapat mengatur volume audio secara digital.
  • Menggunakan kompresi suara.
  • Fungsi Pairing, Conference, Intercom, All Call (dengan tambahan hardware)

5. Belajar Mandiri :

  • Dilengkapi dengan contoh media pembelajaran praktikum Bahasa Inggris yang sesuai KTSP dan bersifat rich content, yang kaya akan video, animasi, simulasi, dan ilustrasi.
  • Dilengkapi dengan playback video.
  • Dilengkapi dengan Kamus Indonesia-Inggris vice verse.
  • Dilengkapi dengan teknologi voice spelling untuk Bahasa Inggris.